Dampak Postif dan Negatif Perkembangan Teknologi Bagi Kehidupan Manusia


Assalamualaikum wr, wb dan selamat pagi guys 

Mengawali pagi ini dengan membuka media sosial dulu, ambil gadget lalu langsung facebookan kalo ga nyalain komputer, lalu asik didepan komputer sambil asik membaca berita digital ataupun kembali lagi dengan bersosialisasi melalui media sosial 

Seperti ini lah kehidupan manusia di era perkembangan teknologi saat ini, berbagai macam kecanggihan teknologi sudah sangat dirasakan di kehidupan sehari-hari. baik itu dari penggunaan Gadget, alat elektronik canggih lainnya termasuk kecanggihan teknologi komputer yang dapat membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan cepat. 

Era saat ini pengguna teknologi bukan hanya dikalangan dewasa saja, anak-anak balita sekarang pun sudah banyak yang disibukkan dengan kecanggihan teknologi. Terkadang memang sangat miris, misal nih anak nangis langsung disodorin gadget yang di dalamnya terdapat permainannya. Kejadian seperti ini sudah sangat sering terlihat disekitar lingkungan saya. Banyaknya teknologi-teknologi canggih saat ini sangat berdampak pada kehidupan manusia baik yang berdampak positif ataupun negatif. Dan di dalam blog ini akan saya tuliskan beberapa dampak postif maupun negatif dari pekembangan teknologi terhadap kehidupan manusia, sebelum memulai saya mau lap keringet dulu xixixixix.

Ok kita lanjuut lagi Sebelum ke inti masalahnya akan saya kutip sedikit pegertian teknologi. Berdasarkan pengertian yang tercantum didalam wikipedia, pengertian dari teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-banrang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. 

Zaman dulu penggunaan teknologi dimulai sejak dulu dimana manusia menggunakan sumber daya alam disekitarnya, zaman sekarang dengan perkembangan teknologi terbaru misalnya telepon, internet, kendaraan, komputer, dan berbagai gadget canggih di era sekarang ini secara tidak langsung sangat memperkecil hambatan fisik untuk berkomunikasi antar satu dan sama lainnya. Berbicara tentang dampak dari perkembangan teknologi terhadap kehidupan manusia selalu saja kita dihadapkan dua sisi yaitu dampak positif dan dampak negatif

Dampak Postif 

Banyak dampak postif yang dapat kita peroleh dari perkembangan teknologi saat ini dimana antara lainnya adalah 
  1. Mempermudah segala urusan manusia, misalnya dalam bidang pekerjaan. Dengan perkembangan teknologi komputer, koneksi internet dan kecanggihan gadget saat ini segala urusan pekerjaan sangat mudah dan cepat terselesaikan. waktu dan jarak sudah tidak lagi menjadi kendala dalam pekerjaan karena semua bisa diselesaikan dari jarak jauh. 
  2. Mempermudah manusia untuk bepergian kemana pun dengan kecanggihan teknologi di bidang transportasi saat ini. - Mempermudah komunikasi antar manusia, walaupun berbeda negara, kita masih bisa berkomunikasi langsung dengan menggunakan fasilitas internet dan fitur Video Call. Ini bermanfaat banget buat ibu yang kangen sama anaknya yang sedang sekolah ataupun merantau ke luar negeri 
  3. Bayar tagihan apapun saat ini kita tidak perlu lagi antri berjam-jam, cukup dengan memanfaatkan fasilitas yang disiapkan oleh berbagai pihak, misalnya pembayaran tagihan listrik ataupun telepon.
Dampak Negatif

Dampak negatif adri perkembangan teknologi ini dapat dirasakan apabila penggunaan teknologi ini di gunakan tidak tepa guna, sehingga banyak dampak negatif yang dapat di timbulkan diatara nya adalah :
  1. Dapat memicu tindak kriminal akibat dari kecanggihan teknologi itu sendiri.
  2. Dapat mengubah prilaku seseorang, misalnya prilaku seorang anak dimana ketika si anak sangat asik dengan teknologi gadgetnya baik itu dalam permainan ataupun media sosial, maka secara tidak langsung prilaku si anakpun akan berubah menjadi anak yang tidak pandai bersosialisasi atau disorientasi sosial, karena kurangnya berinteraksi secara langsung dengan teman-temannya dan si anak cenderung akan menjadi pemalas serta kurang disiplin.
  3. Permainan tradisional akan segera terancam punah, jarang sekali sekarang saya lihat anak-anak bermain bersama memainkan permainan tradisional. saat ini jika anak-anak berkumpul mereka akan membicarakan game online ataupun sibuk dengan permainan game yang ada di gadget mereka masing-masing.
  4. Jauhnya hubungan antara orang tua dan anak. Hal ini dikarenakan kesibukan masing-masing dengan gadget yang mereka punya. 
Nah itulah sekelumit dari cerita saya tentang bagaimana dampak postif dan negatif dari perkembangan Teknologi Yang tidak Tepat Guna.


Soo guys sekian dulu postingan dari saya dan terima kasih 




















Comments

Popular posts from this blog

Video Tutorial Cara membuat Menu Page dan Menulis Postingan Langsung

Freemake Video Audio Converter & Compressor